Laman

TOP POPULER

Rabu, 28 Desember 2011

Rakyat Korut Menangis

Kim Jong Un berjalan di sebelah peti jenasah mendiang ayahnya dalam prosesi pemakaman Kim Jong Ill di Pyongyang (28/12). Foto diambil dari Sentral Pemberitaan TV Korea Utara.
 


Kim Jong Un( Putra Kim Jong Ill berjalan di sebelah peti jenasah mendiang ayahnya dalam prosesi pemakaman Kim Jong Ill di Pyongyang (28/12). 
 
 
 

Pyongyang - Di tengah musim salju, prosesi pemakaman mendiang pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Il telah dimulai. Puluhan ribu tentara Korut menundukkan kepala mereka di luar Istana Pemakaman Kumsusan, Pyongyang. Sementara warga berkerumun di jalan-jalan sembari menangis.

Stasiun televisi pemerintah Korut, KCNA seperti dilansir AFP, Rabu (28/12/2011) menyiarkan prosesi pemakaman tersebut. Dalam tayangan itu terlihat sebuah limosin yang membawa potret besar Kim yang sedang tersenyum. Kendaraan tersebut mulai bergerak perlahan dari Istana Pemakaman Kumsusan sementara rakyat Korut menangis di pinggir jalan.
Putra Kim sekaligus penggantinya, Kim Jong-Un dan pejabat-pejabat tinggi militer dan sipil Korut terlihat berjalan di samping mobil yang membawa peti mati Kim yang dibungkus dengan bendera nasional. Jong-Un mengenakan pakaian hitam. Di antara para pejabat yang menyertai Jong-Un adalah Jang Song-Thaek, sang paman yang dianggap sebagai kemungkinan pengaruh dominan dalam rezim Korut nantinya.

Dalam tayangan KCNA terlihat massa yang menangis duduk bersujud di atas salju sementara iring-iringan kendaraan tersebut melintas. Sementara kelompok band militer memainkan lagu nasional.

"Ini kehilangan terbesar bagi partai dan negara kita," kata presenter TV KCNA saat siaran langsung tersebut.

"Warga negara Pyongyang, seremoni untuk memperingati kematian pemimpin besar Kim Jong-Il saat ini tengah dilangsungkan di Pyongyang, ibukota revolusi," ujar presenter tersebut dengan suara serak menahan tangis.

Kim meninggal akibat serangan jantung pada 17 Desember lalu. Pemimpin Korut itu tutup usia pada umur 69 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar